PROSES DAN TEKNIK DALAM MENDESAIN MODEL GRAFIK
PROSES DAN TEKNIK DALAM MENDESAIN MODEL GRAFIK
1. PROSES DAN TEKNIK DALAM MENDESAIN MODEL GRAFIK
a. Proses
Berfikir
Proses
berfikir dalam arti luas adalah untuk memperoleh informasi, memproses informasi,
mingingat dan menggunakan. Dalam proses dan teknik dalam mendesai model grafik
yaitu dimana kita mencari informasi terlebih dahulu, lalu menyiapkan
rancangan,memnentukan tujuaan dari suatu model grafik dan membuat studi
kelayakan dan menunggu kepuitusan ditolak/diterimanya dari model grafik yang
telah kita buat.
b.
Konsep Pemecahan Masalah
Target
akhir dalam suatu pembuatan grafik dalam arti kita harus mempelajari apa yang
akan kita buat, berbagai masalah dengan pembuatan grafik dalam sistematis.
Efektif dan efisien. Lalu dapat diartikan sebagai proses yang biasa ditempuh
untuk menyelesaikan masalah dalam mendesain model grafik dengan lebih
sistematis dan akurat dengan kemampuan dasar dan pengetahuan.
c.
Proses Desain Grafis
·
Orientasi/Pengumpulan Materi
Dengan cara pengunpulan
data dan menggunakan elemen desain seperti garis,warna, bentuk dan sebagainya.
·
Analisis Strategi
Dengan menggunakan 4W dan 2H :
- What (postioning), apa yang ditawarkan
dari produk atau pesan yang diiklankan, atau dijual sebagai apa.
- Who (segmen konsumen), siapa yang cocok
dijadikan sasaran atau target pasar.
- How (kreativitas), bagaimana membujuk
calon pembeli agar tertarik ,menyukai dan loyal.
- Where (media dan kegiatan), dimana saja
daerah atau pasar yang perlu digarap, serta media dan kegiatan apa yang
cocok untuk daerah pasar.
- When (penjadwalan), kapan kegiatan
tersebut dilaksanakan dan akan memerlukan waktu berapa lama.
- How Much (anggaran), seberapa jauh
instensitas kampanye atau berapa banyak dana yang tersedia untuk membiayai
periklanan tersebut.
1. Desain
Fundamental
Mempelajari elemen
desain, seperti titik, garis, bentuk, tekstur, ruang, dan warna menjadi materi
pertama yang akan kamu temui. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang
prinsip desain seperti keseimbangan
(balance), kesatuan (unity), ritme, penekanan (emphasis), proporsi, kontras,
repitisi, dan unity (kesatuan).
2. Fotografi
Digunakan sebagai medium
komunikasi visul,teknik montage, komposisi dan pencahayaan.
3. Creative
Drawing
Untuk menciptakan gambar
yang kreatif dan menarik. Lalu selain itu juga untuk mendapatkan perspektif,
light and shadow, mengarsir, construction of form, space and proportion and
figure.
4. Tipografi
Belajar tentang
tipografi, meliputi keterampilan dasar dalam jenis gaya dan font yang digunakan
dalam teks dan logo, pemahaman dasar tentang bagaimana detail visual dapat
dirasakan oleh audiens, macam-macam tipografi, sejarah tipografi, kombinasi
tipografi, klasifikasi tipografi dan masih banyak lagi.
5. Art
& Design History
Belajar tentang bagaimana
sejarah perkembangan seni dimulai dari peradaban pra modern, inovasi teknologi,
gerakan seni rupa, dan seniman-seniman yang mempengaruhi desain grafis saat
ini.
6. Single
Page Design
Sebagai entri awal dari
Digital Publishing, kamu akan
mengeksplorasi prinsip-prinsip dasar desain (warna, bentuk, tipografi
dan komposisi). Prinsip-prinsip dasar ini dipadukan dan diaplikasikan pada
penciptaan berbagai tata letak desain suatu solusi desain. Kamu akan berlatih
melalui tugas-tugas yang mencakup perancangan konsep dan komposisi layout
sebagai solusi visual yang sesuai untuk target audiens.
7. Desktop
Publishing
Yang berisikan tentang
software aplikasi standar industri cetak digital. Fitur-fitur seperti master
page, style sheet dan pewarnaan juga termasuk didalamnyadan berisikan dasar-dasar komposisi dengan mendesain layout
untuk halaman tunggal maupun jamak.
8. Communication
& Presentation
Cara-cara penyampaian
gagasan, pendapat, argumentasi dan buah pikiran lain dilatih secara efektif dan
meyakinkan. Teknik penyampaian menjadi pokok perhatian, termasuk bahasa tubuh,
vokal dan komunikasi yang efektif dengan pendengar.
9. User
Interface(UI) Design
Proses desain akan
menyelaraskan fungsi teknis dan elemen visual untuk menciptakan sistem yang
tidak hanya dapat dioperasikan, namun juga dapat beradaptasi dengan kebutuhan
pengguna yang berubah-ubah.
·
Konsep Visual
Memadukan unsur-unsur
desain grafis, seperti kreatifitasm estetika, efisiensi, komunikatif dan
sebagainya. Untuk menciptakan suatu grafis yang efektif.
·
Implementasi
1. Signage
Istilah umum untuk setiap
jenis tampilah grafik dimaksudkan untuk menyampaikan informasi kepada orang
lain.
2. Identitas
perusahaan / branding
Berbagai kegiatan
komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan untuk membangun
sebuah merk.
3. Kemasan
Bagian terluar yang
membungkus suatu produk dengan tujuan untuk melindungi produk akan tetapi di
era ini sudah banyak kemasan yang kreatif.
4. Spanduk
Sebuah kain rentang yang
berisi propaganda, slogan atau juga berita yang juga perlu diketahui oleh umum.
2. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PENGGUNA TERHADAP GRAFIK
a. Pemodelan
Desain Grafis Dalam Kehidupan Sehari-hari
Dalam kehidupan sehari hari desain
grafis sangat dibutuhkan salah satunya yaitu untuk membuat cipta karya tampilan
dalam sebuah publikasi, bagi mahasiswa seperti kita juga sangat dibutuhkan
yaitu dalam presentasi dibutuhkan untuk membuat power point yang menarik,
selanjutnya dapat membuat web dan applikasi android sangatlah penting desain
grafis untuk membuat tampilan pada UI UXnya.
b. Teknik
Pemecahan Masalah Dalam Desain Grafik
Teknik
pemecahan masalah dalam desain grafik biasanya terdiri dari teknik perencanaa
gambar, teknik bentuk, teknik symbol, teknik huruf, teknik fotografi.
3. Kebutuhan Pengguna Dalam Model Desain Grafik
a. Contoh-Contoh
Perangkat Lunak Dalam Desain Grafik
REFERENSI :
- https://jobhun.id/memahami-tugas-dan-tanggung-jawab-desainer-grafis/
- https://idseducation.com/articles/anak-desain-grafis-belajar-apa-saja-sih-yuk-simak-bag-1/
- https://www.sumberpengertian.id/pengertian-design-grafis
- https://cacingsuper.wordpress.com/2017/01/24/desain-pemodelan-grafik/
Keren
BalasHapus