DESAIN GRAFIK PERANGKAT BERGERAK
A. Konsep
Konsep Pemodelan desain grafik dan elemen yang dibutuhkan
Konsep-Konsep
pemodelan desain grafik:
a. Keseimbangan
Keseimbangan
sama dengan dua buah benda yang sama berat. Dimana dalam desain grafik
digunakan untuk keseimbangan antara ukuran gelap atau terang lalu tebal atau tipis dalam
menentukan visaulisasi.
digunakan untuk keseimbangan antara ukuran gelap atau terang lalu tebal atau tipis dalam
menentukan visaulisasi.
b.
Kesatuan
Kohesi,
konsistensi, ketunggalan atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi.
Contohnya adalah ilustrasi, garis dan teks.
Contohnya adalah ilustrasi, garis dan teks.
c.
Penekanan
Penekanan
digunakan untuk menentukan suatu titik focus dalam suatu desain grafik untuk
menarik pembaca atau seseorang kedalam bagian yang penting.
menarik pembaca atau seseorang kedalam bagian yang penting.
d.
Ritme
Pola
yang dibuat oleh elemen-elemen secara berulang dan bervariasi. Pengulangan dan
variasi adalah kunci untuk ritme visual.
variasi adalah kunci untuk ritme visual.
e.
Kesederhanaan
Digunakan
untuk menentukan huruf judul(deadline), subjudul, dan tubuh berita sebaliknya
jenis font yang ornamental dan njilimet, untuk mempermudah desainer untuk membacanya.
jenis font yang ornamental dan njilimet, untuk mempermudah desainer untuk membacanya.
Elemen yang dibutuhkan:
a.
Garis (Line)
Garis
merupakan unsur dasar dalam sebuah bentuk desain. Tanpa adanya garis maka
tidak penghubung antara titik/poin yang akan membentuk gambar seperti garis lurus,
lengkung,zigzag tidak beraturan, horizontal, vertical dan diagonal.
tidak penghubung antara titik/poin yang akan membentuk gambar seperti garis lurus,
lengkung,zigzag tidak beraturan, horizontal, vertical dan diagonal.
b.
Ruang (Space)
Ruang
atau jarak antara elemen-elemen yang terdapat pada desain yaitu berupa object
background dan text.
background dan text.
c.
Tekstur (Texture)
Tampilan
permukaan(corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau
diraba. Texture biasanya seperti: karpet, baju, kayu dan sebagainya.
diraba. Texture biasanya seperti: karpet, baju, kayu dan sebagainya.
d.
Warna (Color)
Warna
merupakan elemen yang penting dalam dunia desain, karena warna orang
biasa menampilkan identitas atau menyampaikan pesan yang membedakan sifat dari bentuk
visual secara jelas.
biasa menampilkan identitas atau menyampaikan pesan yang membedakan sifat dari bentuk
visual secara jelas.
e.
Ukuran (Size)
Ukuran
dalam desain berfungsi sebagai Panjang dan pendek, tinggi dan rendah serta
besar
dan kecilnya dari suatu objek.
dan kecilnya dari suatu objek.
f.
Bentuk (Shape)
Segala
hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang
adalah
kotak, lingkaran dan segitiga.
kotak, lingkaran dan segitiga.
B. Desain
Grafik untuk Perangkat Bergerak.
1.
Konsep resolusi layer perangkat bergerak
a. Resolusi
HD (720p)
Singkatan dari High Definition. Berarti
pixelnya 1280 x 720
b. Resolusi
Full HD (1080p)
Kelanjutan dan sekarang sudah menjadi
standard resolusi layer dipasaran. Full HD adalah 1920 x 1080 pixel.
c. Resolusi
QHD (2K)
Quad HD memiliki definisi empat kali lipat
dibandingkan HD standard. Itu berarti
jumlah pixel empat biji layer HD kedalam satu layer QHD dengan ukuran sama.
Resolusi pixel QHD adalah 2560 x 1440.
d. Resolusi
Ultra HD (4K)
4K adalah 2096 pixel dan ultra HD adalah
3840 pixel. Ultra HD adalah 3840 x 2160, sementara 4K adalah 4096 x 2160.
2.
Konsep Layout pada perangkat bergerak.
a. Linear
Layout
Sekelompok tampilan yang menyejajarkan
semua anak dalam satu arah, secara vertikal atau horizontal
b. Relative
Layout
Layout ini menampilkan komponen dalam
posisi relatif. Posisi masing-masing Layout dapat ditentukan sebagai relatif
terhadap elemen saudara (seperti di sebelah kiri atau di bawah tampilan lain)
atau pada posisi relatif terhadap area RelativeLayout induk (seperti sejajar
dengan bagian bawah, kiri atau tengah).
c. Grid
Layout
Grid Layout merupakan komponen Layout yang
sangat fleksibel dan dapat dimanfaatkan untuk menyederhanakan pembuatan Layout
UI yang bersifat kompleks dan bersarang yang terdapat di komponen Layout
lainnya.
3.
Konsep Tipografi pada perangkat bergerak.
a. Roman
Huruf di keluarga Roman
memiliki ciri khas tersendiri yang muda dikenali. Huruf Roman memiliki
ketebalan dan ketipisan pada setiap garis di huruf – hurufnya. Semua huruf yang
ada di bawah naungan kategori Roman memiliki ciri khas klasik, anggun, tegas,
lemah gemulai dan feminim. Keluarga huruf Roman sudah ada sekitar abad 11 atau
12. Karena itu, huruf Roman merupakan salah satu kategori huruf yang paling
tua. Jenis font yang ada di kategori huruf Roman antara lain Bodoni, Georgia,
dan Times New Roman.
b. Egyptian
Huruf yang berada di
bawah keluarga Egyptian memiliki ciri huruf seperti papan. Berbeda dengan
kategori Roman yang memiliki tebal tipis di hurufnya, Egyptian memiliki
ketebalan yang hampir sama di setiap hurufnya. Kesan yang ditimbulkan oleh
jenis huruf Egyptianadalah kokoh, kuat, kekar, dan stabil. Jenis font yang ada
di kategori Egyptian adalah Rockwell dan Typo Slab – Serif.
c. Sans
Serif
Huruf yang berada di
bawah keluarga Sans Serif hampir mirip dengan huruf yang berada di bawah
keluarga Roman, hanya saja jenis huruf ini tidak memiliki sirip di ujung.
Ketebalan hurufnya pun tidak tebal tipis, melainkan solid. Kesan yang
ditimbulkan jenis huruf ini adalah modern, kontemporer, dan efisien. Bisa
dibilang huruf di kategori Sans Serif merupakan versi modern dari Roman. Jenis
font yang ada di kategori Sans Serif adalah Arial, Century Gothic, Futura,
Helvetica, Lucida Grande, Trebuchet MS, dan Verdana.
d. Script
Huruf yang berada di
bawah kategori ini memiliki rupa layaknya tuliksan tangan. Tetapi bukan huruf
cetak ya. Seperti tulisan tangan sambung yang dibuat dengan pena, kuas, atau
pensil tajam. Biasanya huruf di bawah kategori ini memiliki ciri khas miring ke
kanan. Kesan yang ditimbulkan oleh kategori huruf ini adalah pribadi dan akrab.
Jenis font yang ada di kategori ini adalah Freestyle Script dan French Script.
e. Miscellaneous
Huruf yang berada di
kategori ini tidak memiliki ciri khas atau rupa yang spesifik seperti 4
kategori lainnya. Huruf yang berada di bawah kategori ini biasanya merupakan
pengembangan dari bentuk – bentuk yang sudah ada, hanya ditambahkan hiasan,
ornament atau garis – garis dekoratif. Jenis font yang ada di bawah kategori
ini sangat banyak, antara lain Comic Sans MS, Joker, dan Magneto.
4.
Format gambar pada perangkat bergerak
a. JPEG
b. GIF
c. PNG
5.
Konsep warna pada perangkat bergerak
a. RGB
Red-Green-Blue. 3 warna dasar yang
dijadikan patokan warna secara universal(primary colors). R:115-G:221-B:240.
b. CMYK
Cyan-Magenta-Yellow dan K mewakili warna
hitam. Biasanya digunakan untuk standarisasi warna dalam koordinat. Rangenya
antara 0-100.
C. Jenis
Softwaare untuk desain grafik perangkat bergerak
Applikasi pada perangkat bergerak :
1.
Adope Photoshop
2.
Adope InDesign
3.
Adobe Illustrator
4.
Corel Draw
5.
Blender
6.
Adobe Flash
Referensi :
-
https://ruanglaptop.com/penjelasan-berbagai-resolusi-layar/
-
https://medium.com/@mahesaiqbal6/layout-pada-aplikasi-android-3e85cf66757e
-
https://ilmudesaingrafis.wordpress.com/2011/01/27/konsep-warna-arti-warna-merah-hijau-biru-kuning-oranye-abu-abu-hitam-desain-grafis/
-
http://kikchie.blogspot.com/2017/09/konsep-permodelan-grafik-di-masa-kini.html
Komentar
Posting Komentar